Kelainan Darah, Kekentalan Darah dan Kehamilan

Dulu pd saat saya kelas 5 SD, saya didiagnosa terkena penyakit ITP atau Idiopathic Thrombocytopenic Purpura. Gejalanya mirip dengan DBD. Demam, Trombosit menurun dan ada bercak2 merah di bbrp bagian tubuh dan setiap terlalu kecapean mulai mimisan dan lemas pingsan di upacara. Akhirnya 2 kali saya dirawat di RS selama hampir 1 bulan dan diambil darahnya setiap 3 jam sekali. Sempat pula diberikan transfusi trombosit 4 kantong klo ga salah, warnanya orange muda. Karena telah dipilih Allah untuk hidup dengan ITP ini akhirnya saya dibawa mami saya berobat ke dr. Moeslichan,MZ di fatmawati. Seorang ahli darah khusus anak yang memang menangani ITP. Setiap bulan saya harus periksa dan diambil darahnya untuk mengecek trombosit dalam darah saya. Harus minum obat pretnison sehari 3 kali @ 5 butir yang bikin saya gendut setengah mati sampai berat saya 66kg (krn jd hobi makan terus meski udh kenyang), tulang , kuku dan gigi keropos yg berdampak sampai skrg, tp trombosit ttp oke.

Alhamdulillah sejak saya kuliah kadar trombosit saya sdh normal. Yah sesekali saja, 6 bulanan, periksa darah lengkap. Efeknya yang paling terasa mungkin saya ga bs jd seorang pendonor darah sampai sekarang. Sempat sedih krn jd ga bs ngapa2in, ga boleh capek intinya. Alhamdulillah keluarga dan dr. Moeslichan menyemangati saya. Dan berpesan, bahwa masalah mungkin akan timbul saat saya nanti menikah, dimana mungkin saya mudah mengalami keguguran krn sistem antibodi saya yg tdk normal.

Saat usia saya 23, mami mengajak saya mengunjungi dokter enud nuryana  di RS Asri yang sekarang sudah almarhum. Alm dr enud barulah melakukan segala tes yang diperlukan, Tes TORCH juga tes ACA. Hasilnya anti beta 2 glikoprotein Ig Mnya positif dan ACA pun positiv. Setelah dites persistensinya sebanyak 3 kali hasilnya kok masih belum berubah. Karena ACA bermasalah, mengingat saya pernah memiliki riwayat ITP dr. Enud pun memberikan rujukan ke dr. Djumhana. Supaya lebih yakin aja. Karena dr. Djumhana ini adalah ahli darah yang meneliti ACA. Ternyata untuk bertemu dgn dr. Djumhana ini ga bs langsung, harus menunggu 1 minggu lagi menurut susternya. Jadi mami meminta tlg staff MMC melakukan reservasi, besoknya saya dan mami ke rs tempat prakteknya untuk konsul. Sampai rs, Hihihi.. Langsung masuk, dr. Djumhana ngecek hasil lab dan gw komat kamit berdoa semoga semua aman dan lancar.

Trus dr. Djumhana minta gw untuk cek darah lengkap, tes ANA, tes LA, agregasi trombosit, lupus trus apalagi ya.. Banyak sampai lupa… Alhasil, dr mengatakan, oh ini arahnya APS. Dr meresepkan Ascardia yg 80 mg sm penghilang kembung yang hrs diminum setiap pagi 1 kali sehari setelah gw ambil darah. Meurut dokter D- dimernya  570 kalaub tdk salah ingat (normalnya : 500), Jadilah disuntik, oohhh…juga diberikan cardio aspirinnya yg 100 mg dan dosisnya ditambah. Kalo tadinya yg 2x seharinya Senin – Rabu -Jum’at kali ini ditambah sampe Minggu. Slain itu cukup 1 kali sehari. Alhamdulillah ya Allah sejak itu gw belajar tabah dan sabar, kata dr djumhana yang selalu gw ingat, kamu lihat sana orang yg cacat, mereka sabar tabah ikhlas, masak kamu yg ‘gak kenapa’ cuma perlu minum obat aja down. Semangattt!

Saat itu yang paling buat nggak ikhlas sakit sebenernya karena efek badan gw menjadi gemuk gembul aja akibat obat – obatan, soalnya lagi ABG.. naik turun berat badan secara drastis,  dari kelas 6 sd sampai sampai kuliah kelas sophomore gw bener – bener gembul hehe.. tapi mami selalu mengingatkan, lebih baik sehat dan bisa belajar dari pada kurus tapi sakit sakitan.. Tapi sejak kuliah masuk ke tingkat junior alias 3rd year berat badan gw tiba – tiba drastis menurun sampai 19kg dalam 1tahun 2bulan, nggak jelas kenapa ya lupa, mungkin karena gw signed up jadi relawan buat research dan karena gw diberikan beasiswa maka harus jadi asistant lecturer, sambil kerja kerja jadi asisten librarian, merawat manula dan kerja di wendys. saking kurusnya berat sewakt gw graduation di US hanya 44kg  seperti tulang saja haha, bokap nyokap dan eyang gw yang ikut greaduation sampai sekarang masih komentar gw seperti tulang jalan di podium hahaha ..dan sampai sekarang berat badan sudah nggak terlalu gemuk seperti dulu ( padahal masih gemuk yaa:P)

Hehe.. sejak itu gw selalu menganggap ruam biru dikulit apabila gw terlalu lelah, bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Prinsip dr Enud dan dr Djumhana, obat itu adalah racun, kalau tidak perlu jangan dimasukkan ke tubuh. Sebisa mungkin gw tidak mengkonsumsi obat yang tidak perlu

Sampai saat ini, sudah 9 bulan gw off sama sekali stop segala obat dan vitamin darah alhamdulillah, sesuatu banget ya..

Soal kehamilan, gw serahkan sama Allah SWT, pasti Dia tahu yang terbaik buat kami, amiiin:)

Note: my nail and bone sampai sekarang masih pucat dan rapuh *cry*

Thank you Allah.. for everything.. And I miss my parents so much

I miss my parents so much

I miss my parents so much

I miss my parents so much

I miss my parents so much

Advertisements

Basa Sunda Hayuu

Laukna Beunang, Caina Herang

kata yang tercantum pada judul diatas adalah salahsatu filsafat sunda yang memiliki arti yang sangat luar biasa, adapun artinya secara bahasa adalah ” ikannya dapat tapi airnya tetap bening (tidak keruh)” hal ini merupakan prinsip dasar dari keberhasilan seorang pengajar, maksudnya adalah  kita dituntut untuk menyampaikan sesuatu dengan cara yang baik sehingga pesan yang ingin kita sampaikan dimengerti audience namun tidak menimbulkan perpecahan apalagi penolakan secara frontal.

yang  jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya melaksanakan filsafat itu? mungkin salahsatu cara kita bisa mencontoh pesan yang disampaikan khalifah Umar bin Abdul Aziz kepada anaknya, klo ga salah pesannya adalah sebagai berikut :

“wahai Abdullah (anaknya Umar bin Abdul Aziz), jika kamu hendak menyampaikan sesuatu kepada orang yang kadar keilmuannya lebih rendah darimu sampaikanlah secara rinci dan sampaikanlah secara bertahap dari hal yang paling kecil/ringan baru ke inti permasalahan, jika kamu tidak berbuat demikian maka akan terjadi fitnah”

dari hal tersebut bisa kita tangkap bahwa salah cara penyampaian akan mengakibatkan salah penafsiran ujungnya terjadi saling tuduh dan perpecahan seperti yang banyak kita lihat di negeri ini ( contoh kasus ga usah dsebutin ya,banyak banget di TV :D ) jadi kalo bisa disimpulkan yang harus kita lakukan ketika ingin menyampaikan sesuatu adalah :

1. Pahami audience, mulai dari kebiasaan, adat istiadat dan tingkat kecerdasan

2. untuk audience yang “kurang cerdas” kita harus menyampaikan pesan yang kita bawa secara rinci mulai dari hal yang terkecil

3. untuk audience yang “cerdas” kita harus membawa mereka dulu agar bisa berpikir seperti yang kita pikirkan, arahkan dulu mereka ke alam pemikiran yang mendukung diterimanya pesan yang kita bawa.

4. untuk audience manapun kita harus mencoba menjadi orang yang bisa diterima dulu oleh audience,barulah kita menyampaikan pesan yang kita bawa.

5. ketika menyampaikan pesan kita sendiri harus membuka diri jangan terjebak oleh pesan yang kita bawa,kalau bisa gunakan argumen mereka justru untuk menyampaikan pesan kita.

semoga bermanfaat ^_^

Something to learn

Assalamualaikum.

dalam hidup ni kita takkan pernah lari dengan perasaan ingin disayangi.
tak cumalah dengan family, kawan2, si dia tercinta.
apabila mereka memberi sesuatu yang kita namakan cinta atau sayang,
hidup kita terasa lebih bermakna. ceria. indah.

i was talking with my primary school friend today.
since she’s just got married, i’ve asked her what’s the
most important thing that can last the relationship like her.
with a smile, she said it’s how you handle the situation and act professionally
in any problem.
if there’s a problem, don’t judge. Instead ask him to explain first n from there
u can know weather he’s telling the truth or not.
and most importantly, trust each other.
if you don’t trust, it means you’re not serious enough with him.
but don’t over trust coz u might not know what will happen in the future.

years of relationship doesn’t mean he’s yours.
kalau dia mmg tersurat jodoh kita, maka ia akan bersama kita eventually.
jika dia bukan jodoh kita, teruskan hidup alias move on.

for me, jika si dia kini hadir dalam hidup anda, bercintalah.
prinsip sy mudah dlm bercinta :
trust. loyal. making everyday seems beautiful.
my lil’ sis once asked me how live with my husband learning everyday with someone new.

loving someone is actually a learning process.
it’s how we get to know people deeply.
dahulu sy slalu rasa semua org akhirnya adalah sama.
tapi sy salah nampaknya.
different people have different principles, n that
makes them different in the end.
mungkin kita dan pasangan tidak sama dari banyak segi.
tapi semuanya adalah pelakon dalam hubungan dua arah.
u get to know something new, as well as him.
fair enough lah kan? 🙂

i hear a lot of stories nowadays yg pasangan tak setia,
membosankan, byk skandal, etc.
hmm. it hurts me somehow. walaupun tak ada urusannya dengan aku, hah.
to me, biarlah. itu kisah mereka.
tak rugi pun kalau kita setia, berusaha utk mengkekalkan hubungan,
berusaha utk memupuk bunga2 cinta.
as long as he does the same.
sama2 kita bimbing pasangan masing2, kalau kita benar2 serius, bersikap terbukalah.
dan bersedia mendengar masalah pasangan kita.
sometimes we have to know how it feels to be in our
spouse problem b4 we start fighting n blaming him.
get to know him.
he’ll love u more than u could imagine :’) 

and ya, terimalah kebaikan dan keburukan pasangan masing2.
if you can’t, cao cepat2.
Makanya, terimalah si dia seadanya. hey, even u’re not perfect.
so why u keep on blaming others? 🙂

this is just a random thought of mine.
n thanks to iffa, my dearest friend for giving me inspiration 🙂

On behalf of my heart

There are times when i found myself very emotional and i just can’t help it. To be seen as a weak person is something that i hate. I cried. And sometimes i will just stay silent. But remember, silence is often the loudest cry as it hurts the heart until you don’t feel like crying, still it cause your heart a major heartache.  
Then i came across to this quote :
 
“If Allah brings you to it, He will bring you through it. Have faith.”
 
Masya-Allah, how can i just forget Him during this time! I was so busy seeking for people’s advice but i just ignored Him, the one i should seek for opinion and advise in the first place. Astaghfirullah.  I thank to Allah, for giving me such a calming and comforting advise :
 
“Be sure we shall test you with something of fear and hunger, some loss in goods,
Lives and the fruits (of your toil), but give glad tidings to those who
Patiently persevere,”
[Qur’an 2:155]
 
It does feels good, isn’t it? I should put away those negative vibes as it might influence my daily life and my future plan. I should think positively. In any way. Positive thinking isn’t about expecting the best thing to happen everytime, it is about accepting that whatever happens is good for this moment, and then making the best of it. Stay positive, and hold on to what’s truly important. Let the worries go. No matter how we look at it, some outcomes just don’t make sense right away. Choosing to carry on with your goals through this uncertainty is what matters.
 
Well, there is so much things to do in life to keep me alive and happy. Noticed that life is temporary, jannah is forever, i enclosed my daily life with routines that would give benefits and pahala for now and hereafter. Planning on doing better Qanaah, you never know when you will die kan. I need to do my investment earlier (besides, what keeps me waiting?). what happened if i die tomorrow? I don’t have kids to recite Doa for me, I’m not ready to meet Him, I have a lot of sins that needs me to perform my Taubah prayer. Hmm. 😥
 
Some people may say, it’s only after we have lost everything that we’re free to do anything. But for me, there will always free time to do anything we want if we really want to. Life is a series of thousands of tiny miracles. I don’t want just to glance at it, i want to feel the miracles. So i have to keep finding and learn what life is all about and live the life to the fullest.
 
So, are you with me? 🙂
 
p/s-  i’m not a good muslim either. Maybe this is one of the way to make me feel better. By writing things i feel. Don’t judge. I don’t think it is proper since you don’t know what i’ve been going through.
 
take care people 🙂

Happy Raya ….. :)

Assalamualaikum L.O.V.E..:)

 
Ucapan sms selamat Hari Raya menarik dan keren buat di share..Kalau tak sempat memberikan card raya kirim sms raya pun jadi lah kan….sekurang-kurangnya sms pengganti diri sebagai tanda ingatan kita kepada orang yang tersayang di hari yang mulia itu…Apa lagi, sms la sekarang..:P
 
Dalam bermesramungkin terkasar bahasa,Dalam bergurau mungkin terlanjur senda, dalam berjanji mungkin ada yang belum dikota, dalam berbicara mungkin ada yang menyingung rasa. jika ada kemaafan.. itu jua lah yang dipinta.. Selamat Hari Raya..” 
 
Ramadhan akan berangsur pergi, Syawal menjelma di aidilfitri, Seikhlas hati menyusun jari, memohon dimaaf kekhilafan diri, ‘Salam Idulfitri, maaf lahir batin’ ..
 
Tangan diulur maaf dipinta,Erat hubungan sesama kita,Semoga gembira di hari yang mulia ini,Salah dan silap harap dimaaf,Selamat hari raya Idulfitri , maaf lahir dan batin
 
Cahaya ramadhan berlalu pergi, menyambut tibanya Idulfitri, Ampun maaf segala peri, Semoga ikatan kekal dihati. Selamat Hari Raya Maaf lahir batin. “
 
Gemersik takbir mengundang hiba,Salam diutus tanda ingatan,Syawal dinanti menjelang tiba,Salam diutus pohon kemaafan. Maaf lahir dan batin
 
Satu Syawal menjelang tiba,Takbir bergema mengegarkan jiwa,Sekiranya ada salah dan dosa,Ampun dipinta dihari mulia.Selamat hari raya maaf lahir dan batin
 
Kata Al-Ghazali : yang jauh itu WAKTU,yang dekat itu MATI,yang besar itu NAFSU,yang berat itu AMANAH,yang mudah itu BERBUAT DOSA,yang panjang itu AMAL,SOLEH yang indah itu SALING MEMAAFKAN. Salam idulfitri maaf lahir dan batin
 
Lisan kadang-kadang tak terjaga, Janji kadang-kadang terabaikan, hati kadangkala berprasangka, Sikap kadangkala menyakitkan. harapan ini menjadi indah jika selalu ada maaf diantara kita. Syawal akan menjelang. Mohon Maaf lahir dan Batin
 
Anak kucing curi ketupat, kena kejar terlompat-lompat, mau kirim card raya sudah tak sempat, hanya SMS laa yang paling cepat.. Selamat Hari Raya Idulfitri.. maaf lahir batin
 
 

Aku suka jika kamu cemburu:D

Kali nie aku mau bercerita mengenai CINTA….haha   sekarang ni aku siap bagi maksud cemburu ok!!….

Kalau kalian mau tau Sifat cemburu adalah naluriah yang sememangnya amat sulit dibendung. haha soal ini memang gak bisa di elakkan bila hidup berpasangan
 
Fuhh banyak yang beranggapan bahawa perempuan sifatnya lebih pencemburu. Eeek???

 
Dibawah aku tuliskan tanda – tanda seseorang itu pencemburu, coba check sama ada betul  tidak dengan  kalian semua…:P
yg aku BOLD  itu  pernah terjadi  pada  diri aku.. hehehe 
tapi aku suka bila si DIA cemburu..   kenapakah??   tolong jawab boleh???  Lolz
Tanda-tanda seseorang itu Cemburu 
  1. Dia menelefon beberapa kali sehari dan marah apabila kamu tidak ada sampai waktu yang relatif lama …
  2. Dia menelefon kamu se waktu  kamu sedang sibuk dan tetap mendesak  mau bicara dengan kamu. 
  3. Dia menuduh sesuka hati bahwa kamu telah keluar dengan lelaki/wanita lain. 
  4. Dia selalu mengintip dan cuba mencari peluang untuk mencari kesalahan kamu.  
  5. Dia mengugut membunuh diri jika kamu meninggalkannya. 
  6. Dia hanya mau kamu selalu bersamanya dan marah walaupun kamu keluar dengan kawan-kawan lelaki/wanita yang lain. 
  7. Dia tidak suka pergi ke  acara  sosial k a rana  khawatir  lelaki/wanita lain tertarik kepada kamu. 
  8. Dia  bertanya  seperti polisi  ke mana kita pergi dan dengan siapa.
  9. Dia bete  muka jika kamu  lembur . 
  10. Dia tidak peduli dengan penjelasan kamu. 

Tip Mengawal Keadaan Pasangan Yang Cemburu 

  1. Jika pasangan kamu mula menunjukkan rasa cemburu, jangan terbawa-bawa dengan sifatnya itu. Mungkin kamu tidak perlu menjawab setiap soalannya. Lebih baik berdiam diri saja daripada terus menyemarakkan kemarahannya. 
  2. Terima  kenyataan bahwa dia tidak berniat untuk melukai hati kamu. Mungkin ini sifat sudah dari sananya dan jangan ambil hati. 
  3. Cuba  sebisa mungkin kamu untuk membina keyakinan dirinya  Puji dia jika perlu. Minta nasihatnya dan salurkan rasa cinta kamu. 
  4. Jangan berfoya-foya dengan wanita/lelaki lain!! Ini hanya membuatkan situasi lebih sulit . Apa yang dia perlukan adalah  dukungan terus menerus 
  5. Berbincang dengan pasangan tentang perasaan cemburunya.
 
 Cara Atasi Sifat Cemburu  kita !!
  1. Hormati perasaan pasangan kamu. Dia juga mempunyai hak untuk menilai kecantikan wanita/lelaki lain.
  2. Bagi diri sendiri  waktu untuk mengatasinya. Jika kita memang seorang yang cemburu,  tidak  usah berharap kamu boleh berubah dalam  waktu  yang singkat. 
  3. Tuliskan apa perasaan kamu apabila kamu merasa cemburu. Marah? Tidak tentu arah? Menangis? Geram? Rasa malu? Adakah kamu ingin meneruskan hidup kamu dengan cara ini? Jika jawabannya tidak, maka berubahlah segera. 
  4. Coba pikirkan bagaimana cemburu kamu meledak. Adakah adil kamu menyisihkan si dia daripada orang lain? Bukannya sesuatu yang jelek andainya dia senyum dengan orang lain. Binalah keyakinan diri. Kita mungkin rasa tidak selamat jika bergantung kepada si dia. Luaskan persahabatan kita dengan orang lain.
 

Jodoh dan rasa bersyukur

Now that our relationship is getting maturer and memang cool habis..since kami menikah, he keeps on eating semua meals saya yang saya gak habis.. sekarang saya sedang belajar masak, suami aku makan masakan aku, tak sedap pun dia janji makan hehe ..thats why Im happy with him 🙂
Ada satu lagi that I realized, kita akan merasa bahagia tanpa pasangan kita terlalu waswas curiga dan over jealous.. we have no such thing, sebab we trust each other and we trust Allah .. thank you ALLAH..
 
I praise Allah for sending me you my love